loading...

Popular Posts

SHARE THIS !

Jumat, 04 Oktober 2019

Cara Membayar Pajak Kendaraan 1 Tahun di Samsat

Halo sobat bloggers,

Bagi siapa saja yang memiliki kendaraan jelas sekali wajib membayar pajak kendaraan yang dimilikinya. Hal ini menjadi kegiatan tahunan yang wajib kita jalani, pasalnya kalau tidak membayar pajak maka siap-siap ditilang ya. Namun, hal ini dianggap susah oleh banyak orang yang belum mengetahui cara membayar pajak di samsat. Ditambah lagi calo yang bertebaran dimana-mana. Padahal kalau kita tahu, sangatlah mudah untuk dilakukan sendiri, tinggal mengikuti alur yang ada saja, tidak perlu memakai jasa calo yang akan sedikit merobek isi dompet. Artikel ini muncul karena keresahan teman-teman saya yang segan untuk datang langsung ke samsat untuk membayar pajak sendiri atau karena malu. Maka dari itu saya ingin berbagi pengalaman saya membayar pajak kendaraan sendiri maupun pembayaran yang diwakilkan di samsat.


samsat jambi
Sebelum kita pergi ke samsat, hendaknya kita menyiapkan dahulu biaya yang harus dibayar nanti, agar tidak malu saat di loket ternyata uang yang kita bawa kurang hehe. Untuk mengetahui berapa biaya yang harus dilekuarkan, teman-teman bisa memantau artikel saya yang sebelumnya CEK PAJAK KENDARAAN. Setelah mengetahui jumlah yang harus dibayar hendaknya kita menyiapkan uang pas, agar tidak ribet saat pmbayaran di loket. Kemudian kita harus menyiapkan syarat-syarat  yang harus dibawa saat melakukan pendaftaran yaitu :
1. STNK (asli) dan (fotokopi 2 sebanyak lbr) 
2. KTP (asli dan fotokopi sebanyak 2 lbr)  sesuai STNK
3. Surat kuasa bermaterai 6000 (apabila diwakilkan/ KTP yang tidak sesuai)
Syarat-syarat tersebut wajib dibawa saat melakukan pendaftaran pembayaran pajak. Apabila kendaraan teman-teman dibeli dalam kondisi bekas tentu teman-teman wajib mempunyai fotokopi KTP pemilik sebelumnya yang sesuai dengan nama di STNK difotokopi sebanyak 2 lbr.

Baiklah apabila persyaratan diatas telah teman-teman penuhi, maka langsung saja, berang-berang makan cokelat ..... berangkat
Semua berkas tersebut tidak perlu dimasukkan map, kaena nanti telah tersedia map bersama formulir.

Langkah yang pertama adalah kita menunjukkan syarat-syarat yang telah kita siapkan pada stand pengambilan formulir, apabila telah terpenuhi maka kita akan diberikan formulir pendaftaran yang wajib kita isi sesuai data-data di STNK dan KTP pemilik. Teman-teman tinggal mencocokkan data pada STNK saja untuk menyesuaikan kolom-kolom yang terdapat pada formulir. Gak payah kok, ada kunci jawabannya hehe
Saat pengambilan formulir yang mengambil wajib pemilik sesuai nama di STNK, apabila bukan, maka kita waijib menyiapkan surat kuasa, walaupun kita membayar kendaraan milik istri sndiri.

Selanjutnya, syarat-syarat yang kita miliki serta formulir yang telah terisi kita bawa saja ke stand pengambilan nomor antrean, tunggu saja sejenak, penjaga akan menyesuaikan datanya dan apabila telah selesai maka akan diberikan nomor antrean.

samsat jambi


Setelah itu, kita bergerak menuju loket pendaftaran pembayaran pajak dengan membawa KTP asli (yang membayar). Setelah itu langsung saja duduk di kursi tunggu sampai nomor antrean kita dipanggil untuk membayar pada loket bank yang telah tersedia.

Setelah dipanggil, maka hendaknya kita bergegas menuju loket karena kalau tidak abangnya teriak-teriak sambil panggil nama toleh kanan kiri mencari siapa pemilik STNK tersebut hehe. Bayar saja sesuai nominal yang tertera pada pengecekan pajak yang telah kita lihat sebelumnya.

Setelah membayar tagihan pajak tersebut, maka kita akan mendapat kertas berupa nota pembayaran pajak yang bentuknya mirip STNK hanya saja diprint pada kertas putih. Nomor antrean tadi kita bawa ke loket pengambilan STNK dan mengisi tanta terima stnk (absen) paling data siapa yang mengambil, nomor hp dan tanggal berapa diambil serta tanda tangan sebagai bukti.

Setelah itu, duduk saja di kursi tunggu sampai nama kita dipanggil (nama pada STNK) dan menunjukkan kertas bukti pembayaran tadi pada penjaga loket penyerahan untuk ditukar dengan STNK yang asli dan baru. Apabila penjaga loket tidak memberikan plastik bungkus STNKnya, minta saja pasti diberikan, kalau tidak diminta yaa tidak diberikan.
Selesai

Nah, cukup mudah bukan cara membayar pajak kendaraan di samsat secara langsung, maka dari itu kita tidak perlu lagi memakai calo kalau sudah tau cara membayarnya sendiri.
Semoga artikel ini bermanfaat.

Terimkasih.

0 Comments:

Posting Komentar

Bagikan Yuk !

Follow by Email