Polusi Udara Sebabkan Rambut Rontok dan Picu Jadi Botakers

Hari-hari ini, polusi udara menjadi bahan diskusi yang sengit oleh berbagai kaum, mulai dari intelektual hingga kaum awam. Polusi u...

www.kirologi.my.id


Hari-hari ini, polusi udara menjadi bahan diskusi yang sengit oleh berbagai kaum, mulai dari intelektual hingga kaum awam. Polusi udara terjadi karena berbagai hal yang mengakibatkan hadirnya zat yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan dan tumbuhan serta mengganggu estetika dan kenyamanan lingkungan. Polusi udara akibat PM10 hingga O3 yang telah kita bahas di artikel sebelumnya INDIKATOR POLUSI UDARA ternyata memiliki dampak dengan berbagai macam gangguan pada segi kesehatan manusia. Dalam sebuah studi terbaru, dinyatakan bahwa polusi udara dapat menyebabkan rambut rontok hingga mengalami kebotakan.

yuk kita simak,

Penelitian yang dilakukan salah satu perusahaan kosmetik dari Korea Selatan telah menguji efek dari debu serta polutan kendaraan bermotor terhadap sel kulit kepala manusia. Ini merupakan salah satu penelitian yang dilakukan dari berbagai macam pengaruh polusi udara terhadap kesehatan manusia.

Penelitian ini melihat pengaruh dari pertemuannya sel-sel yang terdapat pada pangkal folikel rambut yang terpapar oleh polusi udara yang dilakukan oleh Hyuk Chuk Kwok.

Dari hasil penelitian yang dilakukannya didapati paparan itu dapat mengurangi 4 protein yang berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut serta ketahanan rambut itu sendiri. Sebagai bocoran empat protein tersebut ialah Beta-catenin, CDK2, Cyclin D1 dan Cyclin E. Salah satu protein yaitu Beta-catenin terlibat dalam pertumbuhan rambut serta retensi rambut yang berkurang secara signifikan. Semakin sering kita terpapar oleh polusi udara maka akan semakin besar pula potensi efek pada kerontokan dan kebotakan rambut. Tentu hal ini akan menjadi sorotan pada kota-kota besar degan polusi udara yang tinggi. Pun peneliti menyampaikan agar dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap hal ini untuk mengkonfirmasi efek dari polusi udara terhadap rambut diluar kegiatan laboratorium. Penelitian ini dilakukan dalam laboratorium dan penelitian lebih lanjut pernting dilakukan untuk melihat seberapa cepat efek tersebut dapat berpengaruh secara terukur akibat paparan polutan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain mengalami kebotakan, terbukti bahwa polusi udara dapat meningkatkan risiko terhadap kanker, paru-paru dan penyakit jantung. Diperkiran juga 4 juta bayi lahir secara prematur akibat polusi udara. selain itu juga dapat mengakibatkan depresi dan kesuburan yang rendah.

www.kirologi.my.id
Ilustrasi Kebotakan


Untuk menghindari kerontokan, kebotakan serta pengaruh buruk lainnya akibat paparan polusi udara maka hendaknya kita menggunakan masker maupun penutup kepala saat berada diluar ruangan. Sebaiknya hindari berlama-lama berada di luar ruangan karena hal tersebut berakibat paparan yang lebih lama oleh polusi udara.

Selain menghindari tentu kita juga wajib mencegah serta mengurangi polusi udara yang ada.Hal-hal yang dapat kita lakukan adalah :
  1. Kurangi menggunakan kendaraan yang menghasilkan polusi udara atau mengganti dengan menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan seperti bersepeda.
  2. Menanam dan memperbanyak tanaman hijau di halaman rumah.
Semoga artikel ini bermanfaat.
Terimakasih

COMMENTS

Nama

Asap,1,Berita,4,Enviro,6,Gunung,1,ISPU,3,Jambi,6,Karhutla,2,Messenger,2,Olahraga,1,Puisi,4,Research,1,Skripsi,1,Telegram,1,Tips,8,Travelling,1,Udara,6,WA,1,WhatsApp,1,
ltr
item
Kirologi: Polusi Udara Sebabkan Rambut Rontok dan Picu Jadi Botakers
Polusi Udara Sebabkan Rambut Rontok dan Picu Jadi Botakers
https://1.bp.blogspot.com/-RcmiZcE6WGw/XaC21IAEjQI/AAAAAAAAA1E/wGVDb3m9J-0x5XjRiM2nO0897SmptIClACLcBGAsYHQ/s640/polusi%2Budara1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-RcmiZcE6WGw/XaC21IAEjQI/AAAAAAAAA1E/wGVDb3m9J-0x5XjRiM2nO0897SmptIClACLcBGAsYHQ/s72-c/polusi%2Budara1.jpg
Kirologi
https://www.kirologi.my.id/2019/10/polusi-udara-sebabkan-rambut-rontok-dan.html
https://www.kirologi.my.id/
https://www.kirologi.my.id/
https://www.kirologi.my.id/2019/10/polusi-udara-sebabkan-rambut-rontok-dan.html
true
246913994022468985
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content