Sungai di Kampung Laut Menjadi Jernih, Ternyata

Selamat pagi sobat bloggers, Kampung Laut Jambi Baru-baru ini di Provinsi Jambi bagian Timur dihebohkan dengan sungai Batangha...

Selamat pagi sobat bloggers,

Kampung Laut Jambi


Baru-baru ini di Provinsi Jambi bagian Timur dihebohkan dengan sungai Batanghari yang notabene memiliki air yang keruh ujuk-ujuk berubah seperti air laut yang jernih. Ada apakah gerangan ?
gambar dibawah merupakan gambar sungai Batanghari yang berada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur di Desa Kampung Laut. Kampung Laut menjadi daerah dimana pertemuan antara sungai dengan air laut. Namun dari lokasi Desa Kampung Laut biasanya air terlihat keruh berwarna kecoklatan tapi tidak pada kali ini. Fenomena ini disambut oleh masyarakat sekitar dengan mandi-mandi serta aji mumpung menjadi tempat wisata karena perubahan warna air tersebut.

Kampung Laut Jambi
Salah seorang warga Desa Kampung Laut berkomentar bahwa hal ini sudah biasa terjadi setelah musim kemarau berlalu. Namun, memang banyak masyarakat luar yang belum mengetahuinya.

Secara ilmiah, memang air tawar tidak dapat bercampur dengan air laut karena kadar garamnya. Di dalam Al-Qur'an juga telah dijelaskan dalam surah Al-Furqon ayat 53 " Dan Dialan yang membiarkan dua laut yang mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit. Dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi ". Memang telah banyak fenomena yang telah terjadi seperti air sungai dan air laut yang berdampingan bahkan juga telah ditemukan sungai yang berada di bawah laut. Memang fenomena ini tidak ujuk-ujuk terjadi begitu saja, hal tersebut terjadi secara alamiah.

Secara ilmiah, hal itu terjadi karena adanya infus dari air laut ke air tawar. Penyebab terjadinya karena intensitas hujan yang terjadi sangat kecil yang dapat dikatakan kemarau sehingga ada infus air laut yang masuk ke sungai. Kemungkinan besar hal tersebut terjadi saat proses pasang surut.

Hal serupa juga terjadi di sungai kapuas baru baru ini. biasanya sungai tersebut berwarna kecoklatan, namun setelah kemarau berlalu sungai tersebut menjadi jernih. Warga sekitar mengatakan bahwa hal ini memang sudah sering terjadi, baru baru ini saja menjadi viral.

Semoga bermanfaat.

COMMENTS

Nama

Asap,1,Berita,4,Enviro,6,Gunung,1,ISPU,3,Jambi,6,Karhutla,2,Messenger,2,Olahraga,1,Puisi,4,Research,1,Skripsi,1,Telegram,1,Tips,8,Travelling,1,Udara,6,WA,1,WhatsApp,1,
ltr
item
Kirologi: Sungai di Kampung Laut Menjadi Jernih, Ternyata
Sungai di Kampung Laut Menjadi Jernih, Ternyata
https://1.bp.blogspot.com/-NDBWCbHjdJM/XcLgkvKktwI/AAAAAAAAA1w/JRKU-SvY8UYLBX-Bnn0oQL2Cvi8m_snIgCLcBGAsYHQ/s640/krh.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-NDBWCbHjdJM/XcLgkvKktwI/AAAAAAAAA1w/JRKU-SvY8UYLBX-Bnn0oQL2Cvi8m_snIgCLcBGAsYHQ/s72-c/krh.jpg
Kirologi
https://www.kirologi.my.id/2019/11/sungai-di-kampung-laut-menjadi-jernih.html
https://www.kirologi.my.id/
https://www.kirologi.my.id/
https://www.kirologi.my.id/2019/11/sungai-di-kampung-laut-menjadi-jernih.html
true
246913994022468985
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content