Lapisan Udara yang Berada di Atmosfer

KIROLOGI - Apa saja lapisan-lapisan yang terdapat di udara?  Apa itu atmosfer?  Apa itu udara?  Ini semua berada di sekeliling kita dan k...

KIROLOGI - Apa saja lapisan-lapisan yang terdapat di udara?  Apa itu atmosfer?  Apa itu udara?  Ini semua berada di sekeliling kita dan kita membutuhkannya untuk keberlangsungan hidup. Udara ada pada setiap sisi kehidupan yang dapat kita rasakan.

lapisan udara


Atmosfer merupakan lapisan gas yang mengelilingi sebuah planet seperti bumi. Atmosfer terdiri dari lima lapisan udara yaitu Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer, dan exosfer (bersama dengan ionosphere). Lebih dari 99% dari massa atmosfer bumi terkandung dalam dua lapisan yaitu troposfer dan stratosfer.  Sebagian besar atmosfer bumi (80-90%) ditemukan di troposfer, lapisan atmosfer yang merupakan tempat kita tinggal.
Lapisan tipis udara yang mengelilingi planet kita adalah campuran gas. Masing-masing memiliki sifat fisiknya sendiri.  Dua unsur yang terdapat di dalamnya nitrogen dan oksigen, terdapat dengan volume 99% di udara.   Nitrogen (N2), terdapat 78% di atmosfer, dan oksigen (O2), menyumbang 21%.  1% lainnya terdiri dari gas "Trace ", unsur tersebut adalah adalah gas inert Argon (AR, 0,9%). Gas-gas tersebut, meskipun hanya ada dalam jumlah yang sedikit, namun sangat penting untuk keberlangsungan kehidupan di bumi.  Dua khusus diantaranya yaitu karbon dioksida (CO2, 0,04%)  dan ozon (O3) yang dapat berdampak besar pada proses  yang terjadi di atmosfer.  Gas-gas lainnya termasuk neon, helium, Krypton dan Xenon.

Troposfer
Lapisan yang pertama dan terendah disebut Troposfer.  Ini adalah yang paling banyak diis dengan molekul gas (kepadatan tertinggi) dan di mana semua cuaca kita seperti awan, angin dan curah hujan yang berada di lapisan ini. Lapisan ini juga satu-satunya lapisan atmosfer yang dapat mendukung terjadinya kehidupan. 80% dari massa atmosfer dan 75% gas di atmosfer ditemukan di lapisan Troposfer. Lapisan troposfer berada hingga 40.000 kaki, hampir 8 mil (11 km).

Troposfer juga merupakan satu-satunya lapisan atmosfer yang memiliki uap air di dalamnya.  Inilah sebabnya mengapa semua cuaca berada di lapisan ini. Ada beberapa fenomena suhu di lapisan troposfer.  Satu hari musim panas di bagian bawah lapisan gas ini suhu mungkin berada pada 95 °F (35 °C) tetapi di bagian atas troposfer suhu turun menjadi -70 °F (-56 °C).  Suhu umumnya mengalami penurunan 6 °C untuk setiap kenaikan dengan jarak 1 km.

Pada lapisan troposfer terdapat arus angin udara. Di bagian atas lapisan gas ini umumnya kecepatan angin adalah 150 hingga 200 mil per jam. Troposfer juga mengalami arus udara yang bergerak naik dan turun. Arus udara pada lapisan ini jika dibayangkan rasanya seakan-akan sedang berada di Lift. Arus angin ini disebut arus termal. Bagian atas troposfer disebut Tropopause. Uap air ditemukan hanya dalam jumlah kecil di tropopause.

Stratosfer
Lapisan kedua udara disebut Stratosfer. Lapisan ini dimulai di mana tropopause berakhir. Lapisan stratosfer berada pada ketinggin hingga 150.000 kaki atau sekitar 30 mil. Bagian bawah stratosfer diisi dengan angin dan sangat dingin. Tetapi pada ketinggian yang lebih tinggi di stratosfer angin mulai melemah dan akhirnya tidak terdapat sama sekali angin. Sekitar 20 km secara bertahap suhu naik dari -70 °F (-56 °C) sampai sekitar 30 °F ( -1 °C). Penyebab terjadinya pemanasan mendadak ini disebabkan oleh lapisan gas yang disebut ozon. Bagian atas stratosfer disebut Stratopause. Dalam stratopause tekanan atmosfer hanya 1/1000 di permukaan laut.

Mesosfer
Di atas stratosfer adalah layer utama ketiga, yang disebut mesosfer. Lapisan ini memiliki ketinggian sekitar 20 mil. Pada lapisan ini, semakin tinggi lapisan maka suhu akan semakin rendah. Lapisan ini adalah yang terdingin dari semua lapisan di seluruh atmosfer. Di bagian bawah layer ini memiliki suhu 30 °F ( -1 °C) dan pada bagian tertinggi dari lapisan ini memiliki suhu -130 ° F (-90 °C). Udara yang membentuk mesosfer hampir sama dengan udara yang membentuk troposfer, kecuali bahwa tidak ada uap air dan karbon dioksida yang jauh lebih sedikit. Bagian atas mesosfer disebut Mesopause.  Di atas mesopause suhu tidak turun melainkan naik.

Termosfer (ionosfer & exosfer)

Lapisan utama keempat dan tertinggi disebut Termosfer. 99,99% masalah yang ada di atmosfer berada di bawah thermosphere. Inilah sebabnya mengapa termosfer menjadi batas ruang dari atmosfer kita. Pada tingkat yang lebih rendah dari termosfer suhu mulai meningkat. Dari pembekuan -130 °F (-90 °C) di bagian bawah, ternyata untuk membakar 2000 °F (1008 °C) di bagian atas pada ketinggian sekitar 20.000 mil. Dalam termosfer makhluk hidup yang terkena udara akan binasa karena terpanggang sampai mati di sisi menghadap matahari, atau beku sampai mati di sisi bagian dalam bayangan bumi.
Ionosfer adalah lapisan udara yang membentuk bagian bawah thermosphere.  Ionosfer adalah lapisan atmosfer di mana gelombang radio dapat memantul dari sehingga sinyal dapat dideteksi ribuan mil jauhnya.  Sinyal ini biasanya tidak dapat dideteksi karena kurva bumi, tapi karena sinyal radio memantul dari ionosfer, itu sebenarnya bertindak sebagai satelit.  Northern Lights (Aurora Borealis) dan Southern Lights (Aurora Australis) juga terjadi di bagian ionosfer dari termosfer.Exosfer adalah bagian atas thermosphere.  Exosphere adalah bagian paling tinggi dari termosfer dan terkadang dianggap sebagai layer sendiri.  Di sini kita hanya akan menganggapnya sebagai bagian dari thermosfer.  Atmosfer dalam exosfer menyatu dengan angkasa di udara yang sangat tipis.  Atom dan molekul udara terus-menerus melayang ke luar angkasa dari exosphere.  Di daerah ini atmosfer, hidrogen dan helium adalah komponen utama dan hanya ada pada kepadatan yang sangat rendah. Ini adalah daerah di mana banyak satelit yang mengorbit bumi.

Pengaruh manusia

Selama 200 tahun terakhir, manusia telah mulai secara signifikan mengubah komposisi atmosfer melalui polusi.  Meskipun udara masih sebagian besar terdiri dari oksigen dan nitrogen, beberapa tingkat gas jejak telah meningkat, khususnya konsentrasi gas rumah kaca (karbon dioksida, metana, ozon, dll), yang mungkin menyebabkan pemanasan global.  Beberapa polutan udara sekarang bahkan hadir di atmosfer seperti CFCs (chlorofluorocarbon), yang original adalah buatan manusia.

Meskipun kelangkaannya cukup relatif, gas rumah kaca memainkan peran penting dalam regulasi iklim bumi.  Gas rumah kaca alami termasuk karbon dioksida, metana, Nitrous Oksida dan uap air.  Meskipun ozon juga merupakan gas rumah kaca, lebih sering dikaitkan dengan lubang ozon dan penipisan ozon.  Dengan menjebak panas mencoba untuk melarikan diri dari permukaan bumi ke ruang angkasa, gas rumah kaca menghangatkan atmosfer.  Akibatnya permukaan bumi menjadi 33 °C lebih hangat. Proses pemanasan ini disebut efek rumah kaca alami. 

Dengan peningkatan jumlah gas rumah kaca, suhu bumi dapat naik beberapa derajat, yang bisa menjadi bencana kehidupan di planet ini. Mari Jaga Lingkungan Kita, jangan biarkan polusi udara mengelilingi hidup kita

COMMENTS

BLOGGER: 1
  1. Ternyata begini lapisan udara di kehidupan Kit, pantas saja akhir akhir ini bumi terasa sangat panas akibat lapisan ozon yang menipis

    BalasHapus

Nama

Asap,1,Berita,4,Enviro,6,Gunung,1,ISPU,3,Jambi,6,Karhutla,2,Messenger,2,Olahraga,1,Puisi,4,Research,1,Skripsi,1,Telegram,1,Tips,8,Travelling,1,Udara,6,WA,1,WhatsApp,1,
ltr
item
Kirologi: Lapisan Udara yang Berada di Atmosfer
Lapisan Udara yang Berada di Atmosfer
https://1.bp.blogspot.com/-JpSgtrAmW3E/Xe5bEks9BrI/AAAAAAAAA7E/eG4X8nQi0DcwRQl_s1ixjmt4OZTTSADawCLcBGAsYHQ/s640/atmosfer.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-JpSgtrAmW3E/Xe5bEks9BrI/AAAAAAAAA7E/eG4X8nQi0DcwRQl_s1ixjmt4OZTTSADawCLcBGAsYHQ/s72-c/atmosfer.jpg
Kirologi
https://www.kirologi.my.id/2019/12/lapisan-udara-yang-berada-di-atmosfer.html
https://www.kirologi.my.id/
https://www.kirologi.my.id/
https://www.kirologi.my.id/2019/12/lapisan-udara-yang-berada-di-atmosfer.html
true
246913994022468985
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content